Rabu, 09 Oktober 2013

Festival cahaya | Deepavali



Maaf sebelumnya untuk para pembaca, pada kesempatan kali ini saya tidak membahas tentang bunga, tetapi membahas tentang Deepavali atau Diwali,  ini merupakan Festival cahaya, yang merupakan salah satu perayaan Besar untuk umat  Hindu dan ada selama bulan Kartika (Oktober/November). Ia adalah salah satu hari raya yang dirayakan di beberapa belahan dunia,dan menjadi hari raya nasional di India, Fiji dan Trininad.
Kata Deepavali itu berasal dari kata; Deepa artinya "cahaya (light) dan Avali artinya "jajaran/barisan" (row), jadi Deepavali artinya "Jajaran cahaya."

Terdapat  cerita mythologis di belakang perayaan ini. Deepavali adalah perayaan atas kemenangan dan kembalinya Rama dan isterinya Sita ke ke kerajaan Ayodhya setelah menghancurkan Rahwana, raja raksasa yang ingin
menguasai  Triloka (tiga dunia). Selama perayaan ini, orang-orang menyalakan barisan lampu-lampu kecil atau lampu minyak di balkon dan jendela untuk menyambut kedatangan Rama dan Sita pulang ke rumah.


Dalam agama Hindu, Rama (Sanskerta: राम; kupu) atau Ramacandra (Sansekerta: रामचन्द्र; Rāmacandra) adalah seorang raja legendaris yang terkenal dari India yang konon hidup pada zaman Tretayuga, keturunan Dinasti Surya atau Suryawangsa. Ia berasal dari Kerajaan Kosala yang beribukota Ayodhya. Menurut pandangan Hindu, ia merupakan awatara Dewa Wisnu yang ketujuh yang turun ke bumi pada zaman Tretayuga. Sosok dan kisah kepahlawanannya yang terkenal dituturkan dalam sebuah sastra Hindu Kuno yang disebut Ramayana, tersebar dari Asia Selatan sampai Asia Tenggara. Terlahir sebagai putra sulung dari pasangan Raja Dasarata dengan Kosalya, ia dipandang sebagai Maryada Purushottama, yang artinya "Manusia Sempurna". Setelah dewasa, Rama memenangkan sayembara dan beristrikan Dewi Sita,

Kisah mythologi yang lain di balik Deepavali adalah perayaan kemenangan Krishna atas raksasa dari neraka, Narakasura. Kisah mengenai penghancuran raksasa ini ditulis dalam Sabha Parva dari Mahabharata. Menurut legenda, Narakasura, putra bumi, adalah raja Pragjyotishapura. Dengan anugrah yang ia terima dari Brahma dan Siwa, ia menaklukan tidak saja dunia ini tetapi juga surga. Akhirnya para dewa dan orang suci meminta bantuan Krishna untuk membunuh Narakasura. Dalam pertempuran yang hebat, Krishna, dibantu oleh permaisurinya, Sathyabama, sebagai sais kereta, membunuh Narakasura. Setelah kematian Narakasura, ibunya memohon kepada Krishna agar kejatuhan anaknya dihidupkan dalam kenangan semua orang di dunia sebagai satu hari perayaan dari kebaikan. Jadi Deepavali adalah perayaan atas pembebasan bumi dan surga dari genggaman Narakasura.


Masih ada beberapa hari raya lain di India. Sivaratri (Februari/Maret) adalah hari raya untuk memuja Siva. Hari raya ini dirayakan di seluruh India. Krishna Janmashtami (Agustus/September) adalah perayaan hari lahir Krishna. Vasant Panchami (Januari/Februari) adalah hari raya untuk memuja Dewi Saraswathi (sama dengan hari Saraswati di Indonesia, NPP). Guru Purnima (Juni/Juli) adalah perayaan untuk menghormati para Guru atau para ahli di bidang kerohanian.

 Dan bagi yang merayakan perayaan Deepavali,. Tahun ini Diwali jatuh tanggal 3 November
Don't forget You can celebrate the holy day however you feel like but just make sure you don’t forget the date! Celebrate the holy festival of Diwali with Deepavali hamper
Happy Deepavali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar